Pages

Senin, 05 April 2010

Do U Know About Sains????

Q Setiap jam ginjal menyaring 7 liter cairan dari darah.

Q 95% dari komposisi urine adalah air. Urine mengandung bahan-bahan beracun, termasuk urea yang dibuat di dalam hati

Q Kulit merupakan organ terluas di dalam tubuh. Luas permukaan kulit orang dewasa dapat mencapai 2 m2. Sepanjang hidup manusia sel kulit mati yang terlepas dapat mencapai sekitar 18 kg. Debu dalam rumah sebagian berasal dari sel kuit mati yang mengelupas

Q Setiap testis menghasilkan sekitar 1500 sperma per detik. Sperma yang dihasilkan dimatangkan di epididimis. Pematangan sperma memerlukan waktu sekitar 10 minggu. Panjang sperma sekitar 0,05 mm dan berenang dengan kecepatan sekitar 3mm per jam

Q Diameter sel telur adalah 0,1-0,2 mm, 50x lebih besar dari pada ukuran kepala sprem. Telur yang baru dilepaskan dari ovarium sudaha dapat dibuahi dalam 24-28 jam. Kadang kala telur yang telah dibuahi membelah sehingga kembar identik. Kembar non identik dihasilkan jika 2 sel telur dibuahi dalah satu siklus. Bayi biasanya dilahirkan sekitar 40 minggu setelah pembuahan.

Q Jika seluruh sel saraf di dalam tubuh disambungkan, panjangnya dapat mencapai 75 km. Kecepatan impuls (rangsangan) saraf mencapai lebih dari 400 km per jam. Sinyal rasa nyeri atau sakit berjalan lebih lambat dari pada sinyal sentuh.

Q 1 sel otak dapat berhubungan dengan 25000 sel otak lainnya. Jika dalam 5 menit sel otak kekurangan atau tidak mendapat suplai oksigen, sel otak tersbut akan mati.

Q Panjang sumsum tulan belakang orang dewasa sekitar 43 cm, tebal sumsum tulang belakang sekitar 2 cm. Pertumbuhan sumsum tulang belakang berhenti pada umur 4-5 tahun.

Q Penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sesungguhnya bahwa semua bagian lidah memiliki kuncup pengecap. Hanya saja, sensitifitas kuncup pengecap terhadap rasa berbeda-beda pada tiap bagian lidah.

2 komentar:

kuda poni mengatakan...

ow,,,, ya ya ya

Heni Kiswati mengatakan...

y gitu lah..^_^

Posting Komentar