Pages

Senin, 05 April 2010

Tentang ginjal

Ginjal itu adalah alat ekskresi. Tahu apa itu ekskresi???. Ekskresi itu pengeluaran zat sisa dalam tubuh. Ginjal itu terdiri dari 3 bagian.

  1. Korteks (tempat glomerulus sama kapsula bowmen)
  2. Medula (tempat lengkung henle sama saluran pengumpul)
  3. Pelvis ginjal (rongga ginjal)

Proses penyaringan darah terjadi di korteks. Darah yang mengandung sisa metabolisme tubuh masuk ke ginjal lewat pembuluh nadi ginjal. Cairan yang keluar itu, keluar dari pembuluh darah masuk ke nefron (tiap-tiap ginjal tersusun atas sekitar 1 juta unit penyaring kecil).

Nefron terususun atas glomerulus sama kapsula bowmen. Air, gula, asam amino, dan urea terpisah dari darah lalu menuju ke kapsula bowmen. Ini dinamakan filtrasi. Sebenarnya dari sekitar 180 liter air yang disaring oleh kapsula bowmen setiap hari. Hanya 1 liter air yang di ekskresikan sebagai urine. Cairan dari kapsula bowmen menuju ke saluran pengumpul. Dalam perjalanannya terjadi penyerpan kembali yang disebut reabsorpsi.

Bahan-bahan seperti urea dan garam tidak di reabsorpsi dan tetap berada di dalam tubulus (temapt dimana molekul berguna dan sebgaian besar air diserap oleh darah). Bahan yang tidak di reabsorpsi bergabung dengan air menjadi urine. Selanjutnya urine dialirkan melalui ureter (saluran ginjal) dan ditampung di vesica urinaria (kantung kemih / kandung kemih). Jika kantung kemih banyak mengandung urine dindning kantong tertekan sehingga otot melingkar pada pangkal kantong mereggang. Oleh sebab itu, timbul rasa ingin buang air kecil. Selanjutnya, urine dikeluarkan melalui uretra (saluran kemih).

0 komentar:

Posting Komentar