Pages

Jumat, 01 Januari 2010

Aduh Panaas........!!!!!

Luka bakar memang luka yang sering terjadi. Bisa karena sengatan listrik, petir, bahan ki mia, pancaran sinar matahari ataupun api. Karena api bisa secra langsung dan tidak langsung. Jika secra langsung contohnya : kena api, jika tidak maka kena air panas.


Ciri-cirinya :

  • Warnanya merah

  • Timbul gelembung berisi air

  • Rasanya sakit

Itu jika lukanya tidak parah-parah amat.....


Jika luka bakar ringan dapat disembukan dengan mendinginkan daerah yang terbakar dengan air dan mencegah infeksi dengan temperatur 200 C minimal 15 menit, tapi kalo susah ngukurnya pake air es aja bukan dengan es. Kalo ga ada, air keran juga ga apa-apa. Tujuannya mencegah kerusakan lebih lanjur pada jaringan yang terkena panas. Yang tidak boleh lebih 30 menit setelah trauma panas terjadi karena sudah rusak.


Odol, kecap tidak akan menyembuhkan luka bakar karena akan mengotori luka tersebut. Lebih baik pake air, karena akan menghilangkan kuman-kuman dan mendinginkan luka.


Jika lukanya parah maka lukanya tidak akan terasa sakit. Karena panas itu akan menembus kulit bagian bawah kulit (hipodermis), terdpat banyak syaraf-syaraf nyeri. Karena syaraf-syaraf nyeri itu ikut terbakan maka rusak. Luka bakar berat setelah pendinginan segera di bawa ke Rumah Sakit.

2 komentar:

Vina Chan mengatakan...

Thanks tipsnya ^_^ dulu gw jg pernah kena panci yang masih panas.... Rasanya sakit banget huhuhu.
Rasanya panas & perih selama beberapa hari....

Heni Kiswati mengatakan...

gw juga dah nerapin itu, dan lumayan bisa berkhasiat.hehehe

Posting Komentar