Pages

Jumat, 01 Januari 2010

Kuda Poni


Kuda poni sebagian besar berada di daerah Sumbawa, NTB. Kuda poni hanya sebagai souvenir bagi para wisatawan yang datang. Kuda poni sekarang jumlahnya tidak banyak. Kuda yang mempunyai kuku tunggal ini merupakan kuda keramat bagi rakyat ’ Sumbawa’. Kuda poni dapat mendatangkan berkah bagi yang percaya tetapi akan mendatangkan bencana jika tidak percaya terhadap mitos tersebut. Karena masyarakat Sumbawa masih menganut kepercayaan.


Seiring berkembangnya zaman, maka mitos tersebut lama-kelamaan menghilang. Karena banyak orang yang animisme, sekarang sudah menganut agama. Lagi pula pendidikan yang didapat juga semakin banyak.


Kuda poni mempunyai tinggi kurang dari 1 meter dan badan yang berbeda dengan badan kuda-kuda yang lain dikarenakan kelainan genetika seperti halya manusia. Kuda poni yang biasanya digunakan anak-anak untuk berlatih berkuda yaitu kuda poni yang berumur 2 th.


Seiring berkembangnya zaman kuda poni semakin berkurang. Jika tidak di pelihara pasti akan punah jadi peran dari masyarakat dan pemerintah daerah sangat di harapkan agar kuda poni tidak punah.


2 komentar:

kuda poni mengatakan...

posting kita sama,,, hehe

Heni Kiswati mengatakan...

iy donk...
slm kenal y?
^_^

Posting Komentar