Pages

Jumat, 01 Januari 2010

Serak??.... Suara Hilang??.......

Serak ??

Truz bikin ga’ bisa ngomong karena suara hilang??. Serak dan hilng suara hampir selalu disebabkan laryngitis yaitu radang dan pembekakan pita suara yang menggangu kemampuan getarnya yang normal dalam menghasilkan suara menurut ilmu kedokteran.


Pengobatan laryngitis sebenarnya sederhana untuk mengembalikan suaramu yang hilang, banyak-banyak istirahat. Jika bicara seperlunya saja dan jika parah gunakan alat tulis. Selain itu perbanyak minum air. Apabila serak disebabkan karena demam, bisa minum aspirin cair atau parasetamol. Tapi, jika parah langsung pergi ke dokter aja. OK..!!!!!


Yang penting yang harus dilakukan adalah hindari merokok dan minum alkohol. Karena merokok dan alkohol bisa merusak pita suara secara permanen. Jika hilang suara di usia di atas 40 tahun. Itu terjadi dengan mengalami gejala dingin yang tak wajar, gerah. Jika yang terasa dingin, rambut atau kulit terasa kering, berat badan naik tanpa makan yang berlebihan dan terasa lelah. Dan gejala ini merupakan tanda hipothiroldism (kurang aktifnya kelenjar tiroid). Lebih baik periksa ke dokter. Jika hanya serak, tapi tidak ada gejala hipothiroldism maka tidak perlu ke dokter. Tapi jika 2 minggu serak yang berlarut-larut kemungkinan ada gejala kanker dan segeralah ke dokter........

0 komentar:

Poskan Komentar