Pages

Jumat, 01 Januari 2010

Cara-cara Melakukan Pertolongan Secara Cepat pada Orang yang Kena Musibah.............

  1. Menghentikan Pendarahan

Menekan di sekitar luka. Apabila luka terlalu lebar maka daerah sekitar luka harus ditekan terus-menerus. Posisikan bagian yang luka lebih tinggi dari pada kepala.

    • Untuk menghentikan darah dari luka di sekitar telapak tangan dan jari-jari tangan, tekanlah nadi di tangan.

    • Luka di lengan, tekanlah nadi pada ketiak penderita.

    • Apabila luka terdapat di leher atau kepala bagian belakang tekanlah nadi pada leher di bawah telinga.

    • Jika pendarahan di kulit bagian atas kepala, tekanlah nadi di samping kepala tepat di depan telinga.

    • Apabila luka di wajah, tekanlah nadi di bawah rahang bawah. Alat yang dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan, digunakan sapu tangan yang diikatkan pada luka.

  1. Tersedak makanan

Peluklah pinggang penderita dengan 2 tangan di belakang. Usahakan tubuh bagian atas penderita menggantung ke depan. Kepalkan salah satu tangan kamu dan tekanlah pada perut bagian atas, bagian bawah tulang iga, dan di atas pusar. Kemudian tarik kepalan tangan itu ke bagian atas. Ulangi beberapa kali sampai makanan itu keluar.....

  1. Terkejut

Tanda –tanda penderita shock atau terkejut dpat diketahui melalui wajah yang pusat, badan dingin dan berkeringat, nafas memburu, jantung yang berdebar-debar. Untuk mengatasinya baringkan penderita dengan posisi kaki lebih tinggi dari pada kepala. Berikan minuman hangat yang sudah dicampur oleh gula dan garam apabila penderita dalm keadaan sadar.

0 komentar:

Posting Komentar