Pages

Jumat, 01 Januari 2010

Kotoran sapi bisa jadi api..........??????


Kotoran Sapi???

API???

Bukannya biasanya jadi pupuk ya bagi para petani.. Koq bisa jadi api ya??


Gas seperti ini disebut dengan biogas, yitu gas yang dihasilakan oleh proses fermentasi (penguraian) proses fermentasi bahan-bahan organik oleh bakteri anaerob (bakteri yang hidup dalam kondisi tanpa udara). Sifat biogas yang mudah terbakar memungkinkan unutk digunakan sebagai bahan bakar kompor, lampu minyak dan sebgainya. Berbeda dengan nyala api kompor minyak yang merah, api dari biogas berwarna biru sehingga tidak menimbulkan kotoran hitan pada perlatan masak..


Kandungan kimianya biogas, antara lain Methana (40%-70%), Karbondioksida (30%-60%), Hidrogen (0-1%) dan Hidrogen Sulfida (0-3%).


Teknologi biogas telah banyak digunakan sebagai sumber energi alternatif di bebebrapa negara berkembang seperti Cina, India, Afrika, dan Indonesia sejak30 th lalu. Saat ini terdapat ratusan unit biogas sederhana yang digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan masyarakat di pedesaan. Biogas merupakan salah satu cara yang paling baik untuk menangani masalah yang di timbulkan oleh limbah organik seperti kotoran ternak dan limbah industri pemprosesan makanan. Keuntungan utama dalam pemanfaatan biogas adalah dihasilkan suber energi yang bersifat nenewable (bisa di perbaharui), dan perbaikan kualitas tanah melalui sistem rantai tertutup ekologis yanf terpadu dengan sistem peternakan yang sehat dan bersih. Disalah satu negara Afrika, biogas digunakan sebagai pembangkit listrik dalam program pelatihan internet bagi pengungsi.



0 komentar:

Posting Komentar